BELAJAR PINTAR

Selasa, 07 Maret 2023

DOWNLOAD PETA GEOLOGI REGIONAL SELURU INDONESIA

Sumber Gambar : esdm_Geomap

Indonesia yang diapit oleh dua lempeng besar, memiliki kondisi geologis yang komplek dan unik. Di negeri ini bencana dan anugerah menjadi satu karena faktor geologi. Bencana seperti tanah longsor, gempa bumi, dan tsunami adalah peristiwa geologi. Anugerah berupa kesuburan alam, kekayaan sumber daya alam berupa mineral dan migas, juga karena proses geologi.

Hampir seluruh aktivitas pembangunan fisik di Indonesia juga tak lepas dari aspek geologi. Pembangunan jalan, jembatan, bendungan, gedung dan perumahan, mau tidak mau harus melalui analisis geologi yang profesional untuk menghindari terjadinya bencana yang memakan korban.  Perencanaan pembangunan wajib menyertakan kajian geologi agar pembangunan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien dan aman bagi masyarakat.

Dari sisi kepentingan pembangunan nasional, peta geologi ini dipandang strategis karena berposisi sebagai penunjang dan pendukung program pembangunan di suatu wilayah yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Peta geologi yang menyajikan beragam informasi berupa jenis dan sebaran batuan, struktur, morfologi dan kemiringan lereng, kerentanan tanah, serta runtunan variasi batuan misalnya, sangat diperlukan untuk bekal pengambilan keputusan pengembangan wilayah.

Dalam hal kebencanaan, peta geologi ini akan berperan besar dalam mengantisipasi jatuhnya korban. Pada bencana longsor misalnya, jika pemerintah daerah memiliki peta geologi berikut data geologi yang baik, akan terlihat daerah yang berpotensi longsor untuk kemudian menginformasikan ke masyarakat di kawasan berisiko tinggi. Karena itu seyogyanya setiap Pemda memiliki ahli geologi agar bisa menerjemahkan peta tersebut.

Tak terkecuali, peta geologi ini juga bermanfaat untuk menjadi bekal awal dalam menganalisis keberadaan sumber daya alam, baik itu berupa air, mineral pertambangan, maupun sumber energi seperti geothermal, minyak, dan gas.


Link Download Peta Geologi Regonal

1. Peta Geologi Regional Sumatera

2. Peta Geologi Regional Sulawesi

3. Peta Geologi Regional Maluku

4. Peta Geologi Regional Kalimantan

5. Peta Geologi Regional Jawa Timur

6. Peta Geologi Jawa Tengah

7. Peta Geologi Regional Jawa Barat

8. Peta Geologi Regional Irian

9. Peta Geologi Regional Bali, NTB dan NTT


SELAMAT MENCOBA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar